It's just a space for my mind

Terima kasih Tuhan Kau Telah Memberikanku ISLAM

Ini adalah post kedua gw di blog ini. Pas pertama kali disuruh ngerjain tugas ini, jujur gw bener-bener ga bisa mikir apa yang harus gw tulis. “Tolong deskripsikan senjata secara kreatif”, hahaha pertama kali yang terlintas di otak gw adalah senjata – senjata yang sering muncul di film serial doraemon setiap hari minggu pagi. Senjata yang bener-bener dilengkapi dengan teknologi tingkat tinggi, serba bisa semuanya, dapat melindungi diri setiap orang yang memilikinya. Bentuk yang pertama kali gw pikir adalah senjata yang mengeluarkan laser dan efeknya dapat menghasilkan suatu radiasi tingkat tinggi hingga dapat melumpuhkan lawan hahaha. Tapi, engga beberapa lama setelah itu, gw langsung mikir lagi, kalo senjata yang bentuknya kayak gitu, beberapa tahun mendatang, pasti juga akan tercipta oleh para pakar ilmuwan amerika dan eropa sana. Lalu, gw berpikir lagi sebenernya hakikat senjata itu apaan sihh, yaaa, pada akhirnya yang ada di otak gw pada saat itu, senjata itu hakikatnya berfungsi sebagai perisai. Maksudnya, senjata adalah suatu hal apapun yang dapat digunakan oleh kita untuk berlindung dari ancaman. Setelah itu, gw nyoba memikirkan suatu hal lain, yang engga biasaa. Kalo menurut pendapat gw, senjata yang memiliki banyak fungsi dan dilengkapi dengan teknologi yang sangat lengkap adalah suatu hal yang biasa. Pasti setiap orang apabila disuruh berpikir tentang senjata secara kreatif, hal pertama yang mereka pikirkan adalah hal seperti itu. Tapi, alhamdulillah buat gw, engga. Karena gw bukan seperti orang kebanyakan hahahaa #narsis mode on.
Sebenernya ide yang bakal gw utarain ini bisa terpikirkan oleh gw karena satu hal dan jujur menurut gw hal ini mungkin cukup penting buat kita semua. Hal tersebut adalah “Mulailah sesuatu yang besar dari hal – hal yang kecil dan mungkin hal yang kecil itu ada di dekat kita atau sekitar kita”. Dari kata – kata itu, gw mencoba berpikir out of the box kalo senjata terhebat dan tercanggih yang pernah ada di dunia ini adalah agama yang telah diberikan oleh Yang Maha Pencipta dan Penyayang, Allah Swt. Jadi kalo buat gw pribadi, senjatanya adalah Agama Islam.
Mungkin bagi para pembaca post ini semuanya, kalian semuanya bakal kaget kenapa gw bisa bilang agama yang kalian punya adalah senjata terhebat yang pernah ada di alam jagat raya ini. Yaa, sebenernya simple banget jawabannya, agama dapat melindungi kita dari ancaman di dunia dan di akhirat. Kalo menurut gw, ini juga salah satu alasan kenapa gw engga membahas senjata secara kreatif dengan mendeskripsikannya sebagai senjata berteknologi tinggi. Coba kalian pikir, senjata seperti itu hanya bisa melindungi kita di alam dunia ini saja. Sedangkan, untuk kepentingan di alam akhirat, senjata berteknologi tersebut adalah hal yang tak ada gunanya. Coba sekarang kita bandingkan dengan agama yang kita punya masing-masing. Misalnya saja, yang dibahas disini adalah Agama Islam. Kalo di Agama Islam, kita tahu bahwa terdapat suatu kitab yang didalamnya terdapat surat-surat yang merupakan firman dari Allah Swt. Disanalah semua senjatanya. Hal apapun yang kita tidak dapat menjawabnya, Al-quran dapat menjawabnya. Contohnya saja, apabila kita mendapatkan suatu ancaman terpengaruh oleh pergaulan dunia gelap seperti mabuk dan main perempuan. Al-quran dapat memberikan perlindungan melalui surat-suratnya untuk dapat menjawab ancaman itu. Misalnya tadi, apabila kita mendapatkan suatu ancaman terpengaruh oleh pergaulan dunia gelap , kita dapat membaca serta mengambil pelajaran di dalam Al-quran melalui ayat-ayat yang mengisahkan kisah-kisah terdahulu Rasulullah SAW dan para pendahulunya yang dengan keras berusaha istiqamah untuk Agama Islam ini.

Allah Ta’ala berfirman,

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ وَجَاءَكَ فِي هَذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ

Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Hud: 11)

Apabila kita berpikir secara kritis, ancaman – ancaman yang bentuknya bukan fisik tetapi lebih ke ancaman ke psikologis seperti yang telah disebutkan di atas, efeknya dapat lebih berbahaya karena hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupan akhirat kita. Coba kita pikirkan, apabila kita terpengaruh oleh ancaman orang jahat atau apapun yang mengancam secara fisik yang ada di dunia ini, urusannya hanya terbatas pada urusan dunia saja. Sedangkan, apabila kita terpengaruh oleh ancaman psikologis seperti ancaman terpengaruh pergaulan dunia gelap, akibatnya apabila kita tidak dapat melindungi diri kita sendiri, kita akan menyesal sendiri untuk urusan alam akhirat kita.
Akhir kata, gw cmn pengen bilang makasih buat Allah Swt yang telah memberikan Agama Islam ini sebagai senjata terhebat yang pernah ada di alam jagat raya, bukan cuman buat gw tapi juga buat semua penganutnya. Dengan adanya agama ini, secara hakikatnya manusia bisa terhindar dari segala ancaman urusan apapun karena memang semuanya yang ada di dalam alam dunia ini bakal tunduk sama yang Maha Pencipta, Allah Swt. Tidak ada sesuatu apapun yang dapat mengalahkan-Nya dan melawan kehendak-Nya. Karena sesungguhnya, kita berasal dari-Nya dan akhirnya pula akan kembali kepada-Nya.
Leave a Reply

