It's just a space for my mind

It’s all about affirmation world

Ini adalah post keempat gw di blog ini,

Dan kali ini, gw mencoba membahas sesuatu yang cukup menarik karena judul dan topiknya sangat berkaitan erat dengan my own experience tentang suatu makhluk yang pada post sebelumnya pernah gw bahas, yaitu tentang inovasi.

Hmm, sebelum gw sharing cukup banyak, gw bakal nanya dulu sama semua pembaca, ada yang tau engga sama makhluk yang namanya  affirmasi ? mungkin bagi sebagian besar pembaca, hal ini masih sangatlah asing untuk didengar. Namun, hal tersebut bukanlah hal yang asing bagi orang2 yang ada di dunia psikologi karena afirmasi adalah salah satu teknik terhebat yang pernah diciptakan dan ada di dunia ini. Teknik ini telah banyak menghasilkan banyak hasil atau prestasi yang cukup menggegerkan dunia.

A.F.I.R.M.A.S.I

Adalah suatu teknik yang belum lama ditemukan oleh para pakar di dunia psikologi tentang suatu pikiran manusia. Jadi, pada dasarnya teknik ini bekerja berdasarkan penegasan kepada diri kita sendiri bahwa kita dapat melakukan atau mencapai sesuatu yang diinginkan.

Sebagai ilustrasinya, misalkan saja kita sedang mengalami sakit yang cukup berat. Pada prakteknya, kita sebagai penderitanya akan mengalami penurunan kepercayaan diri. Apabila kita ingin sesuatu yang berbeda, kita dapat menggunakan teknik ini. Pada saat kita sedang sakit seperti itu, kita dapat melakukan self-talk secara mendalam. Kita harus meyakinkan kepada diri kita sendiri bahwa kita pasti bisa sembuh dan kita bisa melawan penyakit tersebut. Dengan begitu, kita dapat melakukan pemrograman ulang pikiran kita sehingga dengan proses, kita dapat sembuh dari penyakit tersebut.

Contoh sederhananya lagi, teknik ini dengan tidak sengaja kita praktekkan pada saat kita sedang menghadapi ujian akhir nasional. Pada saat itu, kebanyakan dari kita pasti benar2 dalam keadaan gugup yang maksimal karena takut tidak dapat mengerjakan soal dan takut tidak lulus. Namun, apa yang akhirnya kita lakukan? kita pasti secara tidak sadar meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita pasti bisa mengerjakan soal2 tersebut dan kita pasti bisa lulus. Hingga, pada akhirnya juga kita dapat lulus dari ujian tersebut. Dalam contoh tersebut, sebenernya kita telah menerapkan teknik afirmasi namun secara tidak sadar. Coba bayangkan, menerapkannya secara tidak sadar saja, efeknya sudah bisa meluluskan ujian nasional kita, apalagi kita menerapkannya secara sadar. Iyaa kannn?

Nahh, setelah semua pembaca mengetahui sedikit gambaran mengenai afirmasi ini, waktunya gw sharing pengalaman yang gw lakuin selama ini supaya gw bisa dapet beasiswa S-2 di ausi. Pertama, yang gw udh lakuin adalah gw nempel kertas-kertas berwarna kuning di tembok kamar kosan gw skrg. Di dalam kertas2 tersebut, gw tulisin semua kata2 positif beserta semua impian gw ke depan, termasuk impian gw buat masuk ke melbourne university. Teknik dengan menggunakan gambar ini merupakan teknik pengembangan dari teknik afirmasi. Sistemnya, kita dapat menulis atau menggambarkan apa yang ingin kita capai atau nilai2 positif apa yang ingin kita punya di kertas. Lalu, langkah selanjutnya adalah menempel kertas2 tersebut kita tempel di tempat2 yang dapat kita lihat dan jangkau. Sehingga, setiap kali kita lewat tempat tersebut, kita dapat melihatnya, kita dapat membayangkannya seakan akan kita sudah memiliki atau mencapainya, dan kita harus melakukannya secara mendalam. Dengan begitu, lama kelamaan karena kita melakukannya tiap hari, pola pikir dominan akan terbentuk di pikiran kita, lalu lama kelamaan berubah menjadi keyakinan, dan pada akhirnya akan terwujud nantinya.

Begitulah sedikit pengalaman yang bisa gw sharing, yg perlu pembaca sekalian tau, teknik ini juga sudah gw pake sebelumnya pada saat gw pengen banget masuk ITB. Ohh yaaa, satu lagii, selain memakai kertas2 yang ditempel di tembok, gw juga sering ganti wallpaper Macbook gw pake wallpaper Melbourne University, so setiap gw buka laptop, yang gw liat adalah logo dari Melbourne University.

Finally, so far, the most important innovation in my life is using the affirmation technique to achieve any objectives in my life. Gw yakin, ga ada yang lebih penting lagi dibanding makhluk yang namanya G.O.A.L. Dengan lo punya goal atau tujuan yang ingin dicapai, lo jadi tau apa yang harus lo lakuin buat mencapai goal tersebut.

Selamat mencoba guys, mudah-mudahan bermanfaat 🙂

Leave a Reply

