It's just a space for my mind

The only one greatest social network ever in the world, FACEBOOK

Buat pertama-tama, saya bakal ngucapin dulu selamat ketemu lagi di blog ini. Memang waktu berjalan begitu cepatnya hingga kita semua bertemu lagi pada pekan ujian tengah semester 8. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas tentang suatu hal yang berhubungan dengan inovasi tetapi bukanlah sesuatu yang sifatnya cukup sederhana seperti post-post saya yg lalu. Post ini akan membahas tentang inovasi dalam cakupan lain yang lebih kompleks namun menjadi lebih menarik karena inovasi di post ini akan dibahas dalam suatu kerangka perusahaan berbasis inovasi dimana inovasi itu sendiri bukan hanya sekedar kata-kata tetapi menjadi suatu nilai yang diterapkan dalam keseharian operasional perusahaan. Perusahaan yang akan kita bedah bersama-sama ini adalah perusahaan yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang yang ada di dunia ini karena perusahaan inilah yang telah membuat sesuatu situs yang dapat menghubungkan antara orang satu dengan orang lainnya di seluruh dunia, FACEBOOK.

EVERYTHINGS BIG ALWAYS COME FROM SMALL THINGS

Yaaap, judul di atas yang sering kita temukan biasanya di buku-buku psikologi memanglah bukan suatu isapan jempol belaka. Hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh perusahaan yang sekarang menjadi perusahaan jejaring sosial nomer satu di dunia, Facebook. Dulu, Facebook hanyalah situs web lokal yang dibuat oleh beberapa mahasiswa dari salah satu universitas terbaik di dunia, Harvard University , yaitu Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer  Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz beserta Chris Hughes. Awalnya situs ini bernama facemash yang mengakomodir para mahasiswa dan mahasiswi Harvard University untuk dapat saling terhubung dengan cara membandingkan 2 foto di sebelah kiri dan kanan. Foto yang dibandingkan adalah foto-foto mahasiswi Harvard yang kemudian dibandingkan sexy yang mana diantara keduanya. Data-data muka para mahasiswi Harvard pada awalnya belum pernah dikeluarkan oleh Harvard sendiri, namun data ini dijebol oleh mark sendiri dengan menjebol keamanan harvard university. Awalnya Mark diancam dikeluarkan karena hal tersebut namun karena dia menjadikan hal ini menjadi proyeknya di semester tersebut akhirnya tidak jadi dikeluarkan. Setelah melalui perjuangan panjang, hingga pada akhirnya mark dengan bantuan 3 orang teman lainnya dapat memperluas penggunaan facebook ini ke universitas-universitas lain di amerika seperti Stanford, Yale, Columbia dan masih banyak lagi. Hanya dengan waktu beberapa tahun saja sekitar 7 tahun dari waktu dibuatnya, Facebook telah memiliki pengguna aktif sekitar 600 juta orang.

INNOVATION IN TECHNOLOGY

Memcached

Memcached adalah salah satu software paling terpopuler di internet. Software ini dapat digambarkan seperti suatu sistem untuk dapat meningkatkan performa web (caching) pada bagian memori yang terdistribusi seperti yang digunakan oleh Facebook sendiri. Memcached juga lapisan yang menghubungkan antara server web dan server MySQL yang merupakan akses ke database yang relatif lambat. Selama bertahun-tahun, Facebook telah berkali-kali melakukan optimasi pada memcached dan perangkat lunak sekitarnya (seperti mengoptimalkan penumpukan jaringan). Facebook menjalankan ribuan server memcached dengan puluhan terabyte data cache pada satu titik waktu. Kemungkinan ini merupakan instalasi memcached terbesar di dunia.

HipHop

HipHop adalah salah satu software yang bekerja pada situs Facebook untuk mengubah PHP yang merupakan script language menjadi kode C sehingga performa konten web menjadi lebih baik. Software ini  merupakan salah satu software andalan facebook karena dikembangkan selama 18 bulan oleh para engineer Facebook dan pada akhirnya diproduksi massal ke publik.

Haystack

Haystack adalah software yang bekerja pada situs Facebook sebagai suatu sistem berkinerja tinggi untuk menyimpan dan mencari foto. Software ini berkinerja tinggi dan memiliki kerja berat karena ada lebih dari sekitar 20 miliar foto yang diupload di Facebook dan kemudian disimpan dalam empat jenis resolusi foto yang berbeda. Akibatnya, foto-foto tersebut menghasilkan lebih dari sekitar 80 miliar foto.  Dalam hal ini, benar-benar dibutuhkan suatu software yang benar-benar memiliki performa yang tinggi, bukan hanya memiliki kemampuan untuk melayani miliaran foto yang ada di Facebook dan Haystack adalah jawaban inovasinya.

BigPipe

BigPipe adalah suatu sistem layanan halaman web dinamis yang dikembangkan oleh Facebook. Sistem ini digunakan untuk melayani setiap halaman web dalam beberapa bagian (disebut “pagelets”) untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Misalnya, jendela home diambil secara terpisah, feed photo diambil secara terpisah, dan seterusnya. Pagelets ini dapat diambil secara paralel, sehingga kinerja tetap terjaga, dan juga memungkinkan user mengakses situs dengan baik meskipun beberapa bagian dinonaktifkan atau rusak.

NoSQL

NoSQL adalah suatu sistem yang dikembangkan oleh facebook yg berfungsi sebagai sebagai inbox search. Sistem ini pada dasarnya menggunakan basis sofware open source Cassandra sebagai sistem database terdistribusi.

INNOVATION IN PROCESS

Inovasi pada bagian proses akan dijelaskan dengan menggunakan perbandingan dengan social network website yang dulu juga pernah trend digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu Friendster. Fenomena ini dapat kita lebih perhatikan pada saat Facebook pertama kali trend di Indonesia pada tahun 2007. Pada saat itu, masyarakat Indonesia pada khususnya kaum remaja pindah menggunakan facebook karena mereka bosan menggunakan friendster. Ada yang bilang friendster menjadi milik kaum alay dan semacamnya karena desainnya yang begitu garang sedangkan Facebook menjadi milik kaum elite karena desainnya yang begitu simple dan elegan. Berangkat dari pemikiran itu, para masyarakat Indonesia khususnya kaum remaja pindah menggunakan Facebook dan meninggalkan friendster.

SEGALANYA HANYA TENTANG INOVASI INOVASI INOVASI

1. Integrated

Facebook menawarkan beragam proses yang tidak dimiliki oleh friendster seperti chatting, pembatasan privasi per grup, pengaturan kontak, kemudahan dalam sharing berita, kemudahan dalam sharing foto. Hal ini benar-benar tidak dilakukan oleh Friendster dan friendster terkenal di publik sebagai suatu situs yang sering lambat dan error.

2. Cozy

Facebook menawarkan suatu tempat dimana para pengunjung dapat berlama-lama serta lupa akan waktu 24 jamnya. Hal ini dikarenakan beberapa faktor. Yang pertama adalah tampilan dari Facebook sendiri. Facebook menawarkan suatu tampilan yang cenderung soft dibandingkan friendster yang cenderung garang. Yang kedua adalah penyajian berita yang ditampilkan oleh Facebook. Apabila kita bandingkan secara seksama, maka kita dapat mengetahui bahwa aliran berita dibuat berdasarkan waktu. Sedangkan pada Friendster, aliran berita dikelompokkan per orang dan per kategori. Kemudian yang ketiga adalah tentang kemudahan dalam merubah tampilan. Pada situs Facebook, tampilan profil user sangatlah susah untuk dimodifikasi dan walaupun ingin diubah harus pada tingkat browser melalui Addons. Oleh karena itu, tampilan profil user cenderung tetap di Facebook sehingga tampilannya tetap terkesan simple dan elegan. Sedangkan di satu sisi, Friendster sangatlah terkenal dalam kemudahan pengubahan tampilan profil usernya. Dari mulai layout hingga jenis tulisan pun dapat diubah sedemikian rupa sehingga hal ini menyebabkan Friendster terkesan sedikit alay dan tidak elegan. Faktor keempat adalah kenyamanan dalam pengaturan dan pembatasan privasi. Maksudnya disini adalah keunggulan proses pada Facebook dimana user dapat mengatur apa-apa yang ingin ditampilkan dalam informasi kontak. Sedangkan dalam situs Friendster, semuanya terbatas hanya pada dua pilihan, yaitu memperlihatkan keseluruhan informasi kontak atau tidak memperlihatkan sama sekali. Faktor yang terakhir adalah Facebook memberikan kesempatan untuk user tidak hanya memanfaatkannya sebagai social network website biasa tetapi para user dapat mencoba berbagai macam aplikasi menarik hingga games yang tujuannya diintegrasikan untuk social network juga. Hal semua inilah yang menjadikan para user Facebook manja akan kenyamanan yang diberikan oleh situs ini.

3. Personal Touch

Facebook benar-benar memberikan suatu sentuhan yang begitu personal bagi para penggunanya. Hal ini dapat dilihat dari fasilitas tagging yang dimilikinya. Dengan tagging, kita dapat membuat suatu koleksi album foto online sendiri bersama dengan teman-teman kita juga. Apabila kita memiliki suatu foto yang terdiri dari 2 orang misalnya kita dan teman kita. Dengan fasilitas ini, foto yang kita punya juga dimiliki oleh teman kita. Tagging juga secara tidak langsung bertindak sebagai suatu failitas yang menginformasikan nama-nama user sehingga kita dapat memperluas social network kita.

INNOVATION IN PRODUCTS

Suatu inovasi produk yang dimiliki oleh Facebook dan tidak dimiliki oleh social network website lainnya seperti Friendster adalah Facebook Fan Page. Fasilitas ini adalah suatu fasilitas yang pada awalnya sebenarnya diperuntukkan para kaum artis dan hiburan dimana mereka dapat mengetahui seberapa banyak fans yang mereka punya, seberapa aktif fans mereka mengetahui tentang mereka melalui traffic pengunjung situs. Kemudian dalam pengembangannya, facebook fan page ini banyak digunakan oleh para kalangan bisnis untuk memasarkan produknya. Strategi yang dilakukan oleh mereka adalah membuat terlebih dahulu facebook fan page untuk bisnis atau perusahaan mereka. Setelah itu, secara tidak langsung apabila mereka memiliki sejumlah fans misalnya, maka nanti logo dan profile bisnis mereka akan ditampilkan di halaman profil fans mereka. Akibatnya, apabila fans-fans ini memiliki teman-teman, maka teman-teman ini dapat dengannya mudahnya mengetahui bisnis yang kita punya dan secara instan bisnis kita sudah tersebar luaskan dan terkenal.

Selain itu, bagi para pengguna facebook fan page, Facebook memberikan suatu fasilitas gratis dimana para user Facebook dapat mengontrol fan pagenya sendiri dengan menggunakan Facebook Insights Page. Aplikasi ini adalah aplikasi yang berbentuk data-data statistik dan informasi tentang kinerja suatu page. Dengan menggunakan aplikasi ini secara maksimal, para user Facebook dapat mengontrol pagenya secara maksimal dan effisien dengan melihat data seperti banyaknya fans yang mengunjungi fan page tersebut, berapa jumlah fans yang menyukai postingan yang ada di dalam fan page hingga kapan terjadi lonjakan pengunjung dimana para fans suka dengan postingan tertentu. Hal inilah yang membuat Facebook benar-benar berbeda dengan social network website lainnya yang ada di dunia.

INNOVATION IN BUSINESS MODEL

Facebook memang terlihat sebagai suatu situs yang free dan mungkin bagi kebanyakan orang adalah suatu hal yang membingungkan mengapa Facebook tetap bisa meraih pendapatan yang sangat tinggi. Kuncinya adalah inovasi pada bisnis modelnya. Facebook memang sengaja dibuat free agar situs ini dapat memiliki banyak pengunjung. Akibatnya, para kalangan bisnis man and women sangat tertarik untuk mengiklankan produk-produknya di situs Facebook ini. Sebagai timbal baliknya, Facebook mendapatkan income dari iklan ini.

Selain itu, inovasi pada business model Facebook adalah bagi para pembuat aplikasi dan games di situs Facebook. Facebook benar-benar telah menciptakan suatu lingkungan yang benar-benar menguntungkan bagi para lingkungan bisnis pihak ketiga, yaitu para pembuat aplikasi dan games. Berdasarkan situs nukmanluthfie.com, dikatakan bahwa Facebook mempersilahkan siapa saja untuk membangun aplikasi dan game di Facebook asal mereka dapat memenuhi standarnya. Apabila hal ini dapat dicapai, nilai bisnis yang dapat diraih oleh para pembuat aplikasi dan games di Facebook dapat mencapai USD 500 juta. Kemudian, apabila dibandingkan, angka ini sama dengan income yang didapat Facebook pada tahun yang sama.

CONCLUSION

Facebook adalah sebuah perusahaan inovasi hebat yang pernah ada di dunia ini. Berangkat dari ide sederhana untuk dapat menyatukan jaringan pertemanan hingga pada akhirnya perusahaan ini dapat menggadeng perusahaan-perusahaan besar yang ada di dunia untuk mengiklankan produknya. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa segala sesuatu yang besar hanya dapat dicapai melalui sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Oleh karena itu, apabila kita ingin mencapai sesuatu yang besar, mulailah dari yang kecil-kecil. Sama halnya dengan inovasi, untuk menciptakan suatu inovasi yang besar-besaran, kita dapat memulainya dengan suatu inovasi yang kecil-kecilan. Percayalah sesuatu itu akan indah pada waktunya!

———————————————————————————————————————————————————

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s