It's just a space for my mind

Join and feel the effect of mb4048, amazing!

Start and Finish

Dua kata yang benar-benar kita rasakan di dalam kehidupan sehari-hari

Setiap ada pertemuan, pasti ada perpisahan

Namun, diantaranya pasti ada hikmah yang dapat dipetik oleh yang menjalaninya

Begitupula dengan kelas dari mata kuliah Creative and Innovation yang dipegang oleh bapak Apiq beserta asistennya kak bayuningrat

Pada saat awal-awal mengikuti kelas creative and innovation ini, honestly saya tidak mengerti apa tujuan sebenarnya dari mata kuliah ini. yang terlintas di pikiran saya hanyalah kelas ini tidak akan membosankan dan pelajarannya tidak begitu membebankan

Namun, selama menjalani proses belajarnya, saya merasakan suatu hal yang sangat berbeda,

Satu kata, Amazing

Mungkin hanya kata itu yang dapat mewakili seluruh proses belajar yang telah diberikan oleh Bapak Apiq dan Kak Bayu

Saya benar-benar diberikan suatu pengalaman berbeda dimana saya harus belajar dengan menggunakan otak bagian kiri saya

Saya diarahkan untuk dapat berpikir out of the box dan tidak seperti biasanya

Dahulu saya pikir, kuliah itu isinya hanya otak kanan dan kanan

Semuanya berisi hitung-hitungan dan teori belaka

Tapi di dalam mata kuliah ini, sungguh berbeda

Pertama, saya diajarkan untuk dapat berpikir secara kreatif dalam skala yang masih sangat kecil, yaitu mendeskripsikan nama pribadi saya secara kreatif. Pada proses ini saya berpikir bahwa otak saya sedang mulai dibiasakan untuk dapat berpikir menggunakan otak kiri

Kedua, saya diajak untuk dapat berpikir secara kreatif secara lebih luas lagi ke bagian-bagian yang letaknya bukan di dalm diri kita. Artinya bagian-bagian tersebut berada di lingkungan sekitar. Dalam proses ini saya merasa bahwa Bapak Apiq mengajarkan secara langsung untuk dapat berpikir kreatif pada lingkungan sekitar kita

Ketiga, saya diajak untuk dapat membedakan kata-kata yang biasanya sering disamakan definisinya oleh para kalangan masyarakat awam. Kata-kata tersebut adalah kreatif dan inovasi. Setelah dipelajari, memang ternyata dua kata tersebut adalah dua jenis hewan yang berbeda jenisnya

Keempat, saya diajak untuk dapat mengenal perusahaan-perusahaan yang menggunakan kreatif sebagai konsep inti dari bisnisnya. Dalam proses ini, saya merasa bahwa Bapak Apiq mengajarkan hal seperti ini karena saya berada di dalam dunia bisnis dan manajemen. Oleh karena itu dengan mengenal perusahaan-perusahaan dunia yang dikenal cukup kreatif, maka nantinya mahasiswa akan dapat mendirikan perusahaan yang kreatif pula di masa depan

Kelima, Saya juga diajarkan bagaimana berpikir secara design. Hal ini diajarkan karena dengan berpikir secara desain kita dapat mengahsilkan suatu karya nyata dari ide-ide yang ada di pikiran kita. Suatu hal yang sangat percuma apabila kita sudah memiliki ide yang sangat kreatif di otak kita tetapi tidak bisa diwujudkan

Keenam, saya diajarkan tentang bagaimana pentingnya arti dari mimpi di dalam hidup kita. Mimpi adalah awal dari segalanya. Ide-ide kreatif yang kita wujudkan bersumber dari mimpi kita terlebih dahulu

Ketujuh, sampai juga saya diajarkan pada satu hal krusial yang paling penting menurut saya untuk bisa diajarkan kepada mahasiswa yang ada di sekolah bisnis. Hal tersebut adalah generate new idea for company business model. Kita tahu bahwa core dari sebuah company adalah business modelnya. Dengan memiliki business model yang baik, maka perusahaan tersebut akan sukses

Secara keseluruhan, menurut pendapat saya materi yang diajarkan pada kelas mata kuliah Creative and Innovation adalah sangat baik. Sungguh berharga untuk SBM-ITB memiliki mata kuliah yang berbentuk seperti ini. Oleh karena itu, untuk kedepannya mungkin dapat dilakukan suatu improvement terhadap gaya pengajarannya. Maksudnya disini adalah untuk tahun depan, gaya pengajaran dapat dimprove sedemikian rupa sehingga dapat lebih menarik lagi sehingga akan meningkatkan jumlah mahasiswa yang ikut mata kuliah ini.

Finally,

Thank you very much Pak Apiq dan Kak Bayu buat semua ilmunya

Saya berjanji akan mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari agar bisa sukses di segala bidang kehidupan

Leave a Reply

