It's just a space for my mind

One more step of Adity Boutique to become a real International company

This post is dedicated to the final task of the Creative and Innovation Class

Conducted by Mr. Apiq and brother bayuningrat

It’s all about the creation of son of Indonesia nation which is from the gender who always be seen aside for all of the people

INTRODUCTION

Created by Adity Erlangi as the graduated student of Planologi major in Bandung institute of technology, Adity Boutique appears in the market. Awalnya, semuanya bukanlah apa-apa tetapi dengan perjuangannya hal ini berubah menjadi luar biasa. Sebuah boutique yang tadinya hanyalah berbentuk CV dengan nama CV. Cantik Kreasi ini dapat berubah menjadi salah satu boutique terkenal yang ada di kota Kembang Bandung. Apabila ditanya kepada para kaum wanita kemanakah mereka akan pergi belanja di Bandung, maka salah satu jawabannya adalah Adity Boutique ini. Sungguh suatu perubahan yang sangat besar yang dilakukan oleh Adity. Berawal dari dana investor untuk memulai bisnisnya tetapi sekarang dananya pun sudah lunas dikembalikan dan berujung kepada profit yang melimpah luas datang kepadanya. Begitulah sedikit ilustrasinya.

IT IS ALL ABOUT FASHION

Hal itu adalah suatu pertanyaan mendasar yang ditujukan kepada saya, mengapa saya memilih bidang fashion sebagai bidang yang saya pilih untuk dijadikan tugas akhir dari mata kuliah Creative Innovation ini. Satu jawabannya adalah globalisasi. Globalisasi lah yang membuat semuanya berubah sehingga pola pikir masyarakat pun berubah tentang fashion. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini kita benar-benar telah memasuki zaman globalisasi. Suatu zaman dimana suatu hal apapun dapat kita peroleh, dapat kita lihat dan dapat kita konsumsi, salah satunya yaitu fashion. Dengan adanya globalisasi, masyarakat dapat melihat secara mudah bagaimana fashion yang ada di dunia luar. Bagaimana seorang artis hollywood menggunakan brand-brand ternama yang sangat begitu indah dan rupawan. Masyarakat menjadi sangat tertarik untuk dapat meniru dan menggunakan barang-barang tersebut. Namun, masalahnya semuanya kembali kepada dompet masing-masing. Isi kocek mereka tidak mencukupi untuk dapat membeli barang-barang dengan brand tersebut. Disinilah Adity Boutique menjawab tantangannya. Berbekal dengan pendidikan yang dilaluinya di  International Institute of Footwear and Leather Goods Model Design di Milan, Italy, adity dapat menjawabnya. Adity dapat merancang bagaimana model yang diinginkan dari para customernya secara customize. Artinya para customer dapat membuat dan menentukan sendiri desain untuk barang, khususnya sepatu yang mereka inginkan. Dengan hasil yang begitu mirip dan keliatannya seperti asli, adity dapat menjualnya dengan harga yang jauh lebih murah dibanding dengan sepatu asli bermerek yang diinginkan customernya. Begitulah pentingnya dunia fashion saat ini. Pola pikir masyarakat sudah berubah drastis 360 derajat dalam memandang dan menggunakan fashion. Fashion mereka jadikan sebagai identitas diri dan status sosial mereka.


ADITY BOUTIQUE IS THE ANSWER

Jawabannya adalah karena aditylah yang dapat menjawab tantangan tersebut. Memang banyak perusahan-perusahaan kompetitor lain yang bentuknya mirip seperti adity. Mereka memiliki core business dalam melakukan customize terhadap fashion. Namun, apabila dibandingkan mereka jelas berbeda dengan adity. Adity telah memasuki suatu fase dimana dia sudah menjual nama brandnya. Selain itu, adity boutique juga memiliki manajemen yang begitu professional dalam memproduksi, memasarkan, dan memberikan servis kepada para customernya. Perusahaan tersebut memiliki sejumlah kira-kira 40 karyawan yang termasuk di dalamnya adalah pihak designer, manajemen, dan juga staff produksi. Hal tersebutlah yang benar-benar memberikan suatu yang berbeda kepada para customer yang ada di market. Seperti yang Adity ungkapkan dalam misi perusahaannya,

To produce high quality, innovative and affordable products for regional and international market. Create job opportunities in order to create prosperity and wealth amongst production groups and to be the best performer, first choice for the established trade in the global market.

NEW BUSINESS MODEL TO BECOME A REAL INTERNATIONAL COMPANY

Pada prakteknya, sejauh ini adity telah memasuki pasar international sebagai perusahaan lokal Indonesia. Namun, apabila dilihat dari berbagai website yang membahas tentang Adity Boutique, perusahaan ini bisa disebut baru sebagai anak bayi yang ada di International market. Untuk menjadi sebuah perusahaan yang secara totalitas menjadi international brand, Adity boutique perlu melakukan beberapa inovasi dalam business modelnya.

1. Value Proposition

to be an international company that sell customize products which has a high quality and a competitive price for the target customers

Dengan semakin meluasnya globalisasi dan trend fashion di masyarakat, Adity Boutique dapat menghasilkan suatu barang produksi yang memiliki kualitas tinggi dengan harga yang cukup terjangkau sebagai jawaban dari semakin tingginya harga dari barang barang bermerek yang sudah lama ada di pasaran international misalnya seperti Scholl, Van Dal, Dr Martens, Mochulu, dan lain lain.

2. Market segments

Untuk memasuki international market, Adity harus memiliki market segment yang jelas dalam arti segmen pasarnya harus spesifik. Karena sampai saat ini Adity memiliki core business yang bergerak di bidang fashion customize khususnya women shoes customize, maka segment yang diincar adalah niche market. Artinya Adity boutique memiliki suatu market segment yang sangat khusus dimana para customernya menginginkan barang-barang yang modelnya didesain dan ditentukan sendiri oleh para customernya.

Niche Market

3. Channel

Untuk mendistribusikan barang produksi Adity Boutique di international market, dibutuhkan suatu channel sebagai medianya. Cara innovatif yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan barang-barang adity adalah dengan menaruhnya di boutique-boutique yang cukup terkenal di negara-negara luar yang dituju. Caranya adalah Adity Boutique menjalin terlebih dahulu kerjasama dengan pihak boutique-boutique tersebut. Berawal dari boutique tersebut, apabila brand dari adity ini sudah meluas di pasaran maka Adity dapat memperluas channelnya di department-department store hingga langkah yang terakhir Adity dapat membuat store sendiri di setiap negara luar yang ditujunya.

4. Key Activities

Dalam merambah international market, dengan kapasitas yang dimiliki sekarang, Adity harus tetap melakukan proses produksi barang-barangnya di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk tetap dapat menjaga kualitas dari barang-barang yang akan dijual di luar negeri. Selain itu, dengan diproduksi di daerah asalnya, barang produksi terkesan spesial dan efeknya harganya akan semakin mahal di pasaran. Dengan keuntungan ini, Adity Boutique dituntut untuk tetap dapat menjaga harganya di pasaran international untuk tidak terlalu mahal sehingga para customer di luar negeri dapat lebih memilih brand Adity dibanding dengan brand-brand internasional terkenal yang sudah lama ada di pasaran.

5. Key Resources

Untuk memproduksi barang yang berkualitas tinggi dengan desain yang elegan tetapi memiliki harga yang cukup menjangkau maka kunci utama sumber dayanya adalah para designer ditambah dengan owner yang sekaligus merangkap sebagai designer. Hal ini diakibatkan karena para designer tersebut dapat menentukan desain dan memilih bahan yang cukup ekonomis untuk menghasilkan harga yang baik juga untuk produsen (Adity boutique) serta konsumen (Customer).

6. Key Partner

Untuk mendukung berlangsungnya proses penjualan barang-barang Adity di pasar internasional maka dibutuhkan juga partner selain channel yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya. Adapun partner yang efektif untuk dapat mensukseskan penjualan barang-barang Adity di pasar internasional adalah endorsement. Hal ini diakibatkan karena barang yang dijual oleh Adity adalah barang fashion. Fashion adalah sesuatu yang sangat berkaitan sekali dengan sesuatu yang disebut ekspetasi. Artinya masyarakat sangat gampang sekali terpengaruh oleh ekspetasi. Karena mereka sangat mendewakan dan memuja artis yang mereka idamkan dan mereka berekspetasi sangat baik terhadap artis tersebut maka segala sesuatu yang artis tersebut gunakan termasuk fashion akan menjadi sesuatu yang baik juga buat mereka. Akibatnya mereka akan menggunakan juga apa yang digunakan oleh artis tersebut. Berdasarkan penggambaran tersebut, kita dapat mengetahui bahwa endorsement atau dukungan dari golongan-golongan tertentu seperti orang terkenal akan menjadi cara yang sangat efektif dalam meningkatkan penjualan barang-barang dari Adity Boutique.


7. Structure of Cost

Adapun manajemen biaya yang dapat dilakukan oleh Adity untuk dapat menjual barang tersebut ke luar negeri adalah Adity harus melakukan manajemen biaya untuk produksi, shipping dan juga penetrasi di pasar internasional. Biaya harus ditekan seminim mungkin untuk menggenerate lebih banyak profit bagi Adity.

CONCLUSION

Tidak ada kata TIDAK BISA

Perusahaan kecil yang awalnya hanya berbentuk CV dan didanai oleh perusahaan venture capital tetapi sekarang sudah mulai go internasional dengan menjual barang-barangnya ke luar negeri

Namun, langkah yang diambil belum seutuhnya sempurna

yang artinya

segala sesuatu harus dilakukan secara totalitas untuk mendapatkan hasil yang sempurna

Oleh karena itu dengan konsep bisnis model baru yang telah dibuat ini diharapkan Adity Boutique dapat meningkatkan performa dan dapat menjadi sebuah perusahaan lokal berkelas internasional yang sesungguhnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s